Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas Manusia Menyebabkan Gempa Bumi?

Peta lokasi Koordinat gempa Cianjur, google earth.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Seismological Research Letters , mengidentifikasi 730 situs di mana aktivitas manusia menyebabkan gempa bumi selama 150 tahun terakhir. Dan meskipun kita telah lama mengetahui bahwa manusia dapat memengaruhi aktivitas seismik, para peneliti terkejut saat mengetahui bahwa aktivitas manusia telah menyebabkan gempa bumi dengan magnitudo setinggi 7,9—dan bahwa jumlah gempa bumi jelas meningkat di beberapa wilayah di dunia. 


Dari tabel united state geological survey tahun 2005 di atas, bisa kita ketahuin bahwa gempa di Cianjur pada bulan januari berkisaran 4,4 magnitudo dalam skala rihter tersebut setara dengan bom atom kecil dan rata-rata tornado dalam energi total. Jika kita perhatikan penyebab gempa dari sumber energi eksternal permukaan bumi ini tidak kalah dasyat dari gempa bumi itu sendiri. Dampak kerusakan yang dihasilkan juga sangat signifikan jika diperhatikan.
Peta digitasi lokasi gempa berdasarkan data BMKG dan olah data google earth.

Sama seperti gempa bumi yang disebabkan oleh alam, gempa bumi yang disebabkan oleh manusia berpotensi berbahaya, bahkan mematikan. Dan ahli geologi baru saja mulai memahami dampak gempa ini terhadap manusia dan lingkungan. Apakah gempa Cianjur dan gempa-gempa yang ada di Indonesia termasuk dalam kategori gempa yang disebabkan oleh campur tangan manusia.

Apa jenis aktivitas manusia yang menyebabkan gempa bumi?

Mengkutip artikel yang diterbitkan oleh NASA.gov.id yang berjudul Can Climate Affect Earthquakes, Or Are the Connections Shaky? Efek gempa yang disebabkan oleh manusia mungkin serupa dengan yang diciptakan oleh alam, tetapi sering terlihat di daerah dengan sedikit atau tanpa aktivitas seismik sebelumnya. Sebagian besar gempa alami terjadi di sepanjang garis patahan, yang umumnya ditemukan di tempat pertemuan lempeng tektonik. Namun gempa bumi yang dipicu oleh aktivitas manusia bisa terjadi jauh dari tepi lempeng tektonik. Tepatnya apa yang menyebabkan setiap gempa bumi yang ditimbulkan tergantung pada jenis aktivitas manusia.

Kegiatan masyarakat yang terdiri dari aktivitas pengolahan permukaan bumi seperti pertambangan, galian lobang tambang, eksplorasi minyak dan gas di daerah yang rentan terhadap getaran dan termasuk dalam garis retakan gempa bumi dinilai mampu memunculkan atau menjadi pemicu getaran pada gempa bumi. Aktivitas ini juga menjadi salah satu indikator penyebab gempa yang muncul dari eksternal. Berikut ini Tabel kesetaraan energi kekuatan gempa bumi dengan kekuatan sejumlah bahan peledak eksternal.

Letak Titik Gempa Bumi Pada Permukiman di Kabupaten Cianjur

Pada gambar hsil digitasi google earth diatas, gempa yan tercatat berlokasi di Kabupaten Cianjur berada paada lokasi yang sangat dekat dengan permukiman penduduk. Dimana lokasi pusat Kota CIianjur hanya berjarak sekitar kurang lebih 5 kilometer saja dari beberapa titik gempa tersebut. Kerentanan kawasan permukiman sangat tinggi.


Posting Komentar untuk "Aktivitas Manusia Menyebabkan Gempa Bumi?"