Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kawasan Industri Kariangau berdasarkan RTRW kota Balikpapan

Kota Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki perekonomian terbesar di seantero Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016. Kota Balikpapan merupakan kota terpadat ke dua setola kota Samarinda di kalimantan timur.

Kawasan Industri Kariangau seluas 2.721 Ha merupakan kawasan peruntukan industri yang merupakan sarana untuk mendorong kegiatan industri berbasis penggunaan SDA Terbarukan. Kegiatan Industri: Industri Agro, Industri Konstruksi, Industri Migas, Industri Perkayuan, Indstustri transportasi. Infrastruktur utama adalah jalan poros yang terletak di kilometro 13 dengan panjang 12 km terdiri dari 2 lajur Jalan yang terkoneksi oleh jalur tol samarinda balikpapan.

Kawasan Industri adalah suatu daerah yang di dominasi oleh aktivitas industri yang mempunyai fasilitas kombinassi terdiri dari peralatan peralatan pabrik (industrial plants), sarana penelitian dan laboratorium untuk pengebangan bangunan perkantoran, bank serta fasilitas sosialdan Fasilitas umum (Dirdjojuwono, 2004). Berbagai macam infrastruktur sudah di bangun dengan cara peralihan fungsi secara besar besaran demi target pengembangan axstrategis ber integrasi dalam kurun waktu 20 tahun sejak 2012.

Kawasan Industri Kariangau ini berada di teluk Balikpapan yang di huni oleh berbagai macam ekosistem darat, laut dan udara. Satwa yang di lindungi seperti bekantan, Bekantan (Nasalis larvatus Wurmb.1787) adalah jenis satwa yang temasuk kedalam ordo Primata, famili Cercophitecidae, dan sub-famili Colobinae (Jolly,1972). Jenis primata ini tergolong langka dan endemik Kalimantan, dengan habitat terbatas pada hutan bakau, hutan di sekitar sungai dan habitat rawagambut yang sebagian telah terdegradasi oleh berbagai aktivitas manusia.(Strategi dan rencana aksi konservasi Bekantan tahun 2013-2022.

Peta rencana kawasan strategis kota balikpapan (sumber RTRW kota)

peta rencana pola ruang kota Balikpapan (sumber RTRW kota)

peta rencana struktur ruang kota balikpapan (sumber RTRW kota)

Posting Komentar untuk "Mengenal Kawasan Industri Kariangau berdasarkan RTRW kota Balikpapan"